Blender
adalah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di
kalangan desainer. Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi.
Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender
tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti: Microsoft Windows, Mac OS X,
Linux, IRIX, Solaris, NetBSD, FreeBSD, OpenBSD. Perangkat lunak ini berlisensi
GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja.
Disini
saya akan menjelaskan mengenai langkah-langkah untuk membuat sebuah objek pada
Blender. Objek yang akan dibuat yaitu sebuah objek sederhana yaitu sebuah meja.
Berikut langkah-langkahnya yang dapat dilakukan untuk membuat sebuah objek pada
Blender :
Langkah yang pertama yang harus dilakukan untuk membuat
sebuah objek pada Blender, pastinya yaitu kita buka terlebih dahulu software
blender tersebut.
Kemudian setelah kita berada pada tampilan awal dari blender
tersebut, kita tambahkan sebuah objek untuk kita jadikan sebagai mejanya. Kita
pilih add > mess > cube . kemudian akan muncul bentuk kubus pada blender.
tampilannya adalah sebagai berikut :
untuk
merubah bentuk kubus menjadi persegi panjang, kita harus mengatur ukurannya
terlebih dahulu yaitu dengan menggunakan scale dengan mode (ctrl + alt + s).
dengan menggunakan mode ini maka tanda vektor panah akan mengalami perubahan.
Klik pada arah vektor mana kita mau memanjangkan kubus tersebut. Klik panah
atau vektor x ke kanan untuk memanjangkannya ke kanan, lalu klik panah biru
atau vektor y ke bawah untuk menipiskan kubus tersebut.
Langkah yang ketiga yaitu kita
tambahkan sebuah objek untuk kita jadikan sebagai kaki mejanya. Kita pilih add
-> mesh -> cilinder. atur ukuran agar menyerupai kaki meja seperti
langkah sebelumnya. untuk membuat kaki meja lainnya cukup dengan menduplikat
kaki meja yang sudah dibuat yaitu dengan cara (shift + D ) atau dengan edit
-> duplicate.
Jika
kita telah selesai mendesain keseluruhan objek hingga objek-objek tersebut
meyerupai sebuah meja pada umumnya, maka akan terlihat seperti pada tampilan
berikut.
Untuk dapat melihat hasil akhir dari
objek meja yang tadi telah kita desain tekan f12 lalu akan tampil seperti
berikut :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar